PEMASARAN BIJI KOPI ARABIKA DI KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN

  • Iman Arman Politeknik Pembangunan Pertanian Medan, Jl. Binjai Km. 10 Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Yenny Laura Butar-Butar Politeknik Pembangunan Pertanian Medan, Jl. Binjai Km. 10 Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Endang Lumban Tobing Politeknik Pembangunan Pertanian Medan, Jl. Binjai Km. 10 Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Ira Lisyani Tampubolon Politeknik Pembangunan Pertanian Medan, Jl. Binjai Km. 10 Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Keywords: Saluran, biaya, marjin, farmer’s share, dan efisiensi

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe saluran pemasaran biji kopi arabika, menganalisis biaya pemasaran, marjin pemasaran, dan farmer’s share untuk setiap saluran pemasaran biji kopi arabika, dan menganalisis efisien atau tidaknya saluran pemasaran biji kopi arabika. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April s.d Oktober 2019 di Kabupaten Humbang Hasundutan. Metode penentuan sampel yaitu dengan menggunakan metode snowball sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang petani dan 10 orang pedagang perantara. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan perhitungan matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada 4 (empat) tipe saluran pemasaran biji kopi arabika di Kabupaten Humbang Hasundutan. 2) Biaya pemasaran per kg biji kopi arabika pada saluran I s.d IV masing-masing sebesar Rp 2.349,46; Rp 2.172,51; Rp 1.140,25; dan Rp 738,11. Marjin pemasaran biji kopi arabika pada Saluran I s.d IV masing-masing sebesar Rp 2.750; Rp 1.880; Rp 2.170; dan Rp 0. Share (bagian) harga jual biji kopi arabika di tingkat produsen pada saluran I s.d IV masing-masing sebesar 91,41%, 94,30%, 93,42%, dan 100%. 3) Saluran pemasaran biji kopi arabika di Kabupaten Humbang Hasundutan efisien dengan diperolehnya nilai efisiensi pemasaran pada Saluran I (7,34% < 50%), Saluran II (6,58% < 50%), Saluran III (3,45% % < 50%), dan Saluran IV (2,28% < 50%).

References

Chandrayani, PMW dan Natha, KS. 2016. Pengaruh Harga, Kurs Dollar Amerika Serikat dan Produksi Terhadap Ekspor Vanili di Provinsi Bali Tahun 1991-2013. Ekonomi Pembangunan UNUD Vol 5. No 2: 236 –259.

Wulandari, W. 2015. Peranan PDRB Sub-Sektor Perkebunan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Bolaang Mongondow. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Rahardjo, P. 2012. Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Penebar Swadaya : Jakarta.

Panggabean, E. 2011. Buku Pintar Kopi. Penebar Swadaya : Jakarta.

Nababan, R. 2018. Analisis Nilai Tambah Pengolahan Biji Kopi Menjadi Kopi Bubuk di Kabupaten Humbang Hasundutan. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Methodist Indonesia, Medan.

Anindita, R dan Baladina, N. 2017. Pemasaran Produk Pertanian. ANDI : Yogyakarta.

Hanafie, R. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. ANDI : Yogyakarta.

Sihombing, L. 2010. Tata Niaga Hasil Pertanian. USU Press: Medan.

Dinas Perkebunan Sumatera Utara. 2019. Pembangunan Perkebunan Sumatera Utara 2019. Dikutip dari http://disbun.sumutprov.go.id/wp content/uploads/RDP-FEBRUARI 2019-tanpa-foto-produk-1-FINAL 1.pdf. Tanggal akses [14 Mei 2019].

Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. 2019. Sumatera Utara dalam Angka 2018. Medan.

Hikmat, MM. 2011. Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Nasution, E. dan Syahbudin. 2014. Analisis Pemasaran Kopi di Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara. Agrica (Jurnal Agribisnis Sumatera Utara). Vol.7. No.1: 40 – 50.

Boangmanalu, EM, Khairu, S dan Faoeza HS. 2019. Analisis Pemasaran Kopi Arabika (Caffea arabica) Studi Kasus: Desa Sitinjo II, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi. Jurnal Agriuma. Vol.1. No.2: 36- 48.

Ardila, DD, Titin, A, dan Sri, S. 2019. Saluran dan Margin Pemasaran Kopi Cap Lereng Tancak Kembar di Desa Andungsari Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso. SEPA. Vol.15. No.2: 116–127.

Nurhapsa, dkk. 2018. Efisiensi Saluran Pemasaran Kopi Arabika di Kabupaten Enrekang. Prosiding Seminar Nasional Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SMIPT) Vol.1: 230-234.

Published
2020-12-17
How to Cite
Arman, I., Butar-Butar, Y. L., Lumban Tobing, E., & Tampubolon, I. L. (2020). PEMASARAN BIJI KOPI ARABIKA DI KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN. Agrica Ekstensia, 14(2), 105-112. https://doi.org/10.55127/ae.v14i2.46