PARTISIPASI PETANI DALAM PROGRAM DEMONSTRASI AREA BUDIDAYA TANAMAN SEHAT PADI DI KABUPATEN BOYOLALI

  • Salsabila Hanandita Syifa' Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir Sutami No.36A Kentingan, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Arip Wijiano Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir Sutami No.36A Kentingan, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Hanifah Ihsaniyati Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir Sutami No.36A Kentingan, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Demonstrasi Area, Padi, Partisipasi Petani

Abstract

Kesuksesan program Demonstrasi Area Budidaya Tanaman Sehat Padi dilihat dari partisipasi petaninya, hal ini sesuai dengan tujuan di pedoman petunjuk teknis program. Penelitian ini bertujuan menganalisis: (1) partisipasi petani dalam program tersebut; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi petani; dan (3) hubungan antara faktor-faktor partisipasi petani dengan partisipasi petani dalam program tersebut. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan teknik survei. Penentuan lokasi ditentukan secara sengaja yakni wilayah yang terdaftar mengikuti program tersebut di 10 desa dari 6 kecamatan di Kabupaten Boyolali. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling yang melibatkan 76 responden. Analisis data menggunakan uji korelasi rank spearman (rs) dengan program IBM SPSS 25.0 serta menggunakan garis kontinum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) petani memiliki partisipasi sangat tinggi dalam program tersebut, (2) faktor yang mempengaruhi yakni umur, pendidikan formal, pendidikan nonformal, pendapatan, kosmopolitan, pengalaman, akses informasi dan hubungan petugas dengan petani dalam program tersebut, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan nonformal, pendapatan, kosmopolitan, akses informasi dan hubungan petugas dengan petani, namun tidak terdapat hubungan yang signifikan antara umur, pendidikan formal dan pengalaman dengan partisipasi petani dalam program Demonstrasi Area BTS Padi.

References

Kusumawati N, Lutfi AS, Rossi P. Preferensi Petani Terhadap Sistem Tanam Padi Jajar Legowo. Jurnal Mediagro. 2015; 11(1) : 75-91.

Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Demonstrasi Area Budidaya Tanaman Sehat. (Jakarta: Kementerian Pertanian). 2018

Widoyoko EP 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. (Yogyakarta: Pustaka Belajar). [4] Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi Dengan SPSS. Edisi 1. (Yogyakarta: Andi Yogyakarta).

Idajati H, Pamungkas A, Vely KS. 2016. The Level of Participation in Mangrove Ecotourism Development, Wonorejo Surabaya. Procedia - Social and Behavioral Sciences: 515-520.

Azwar A, Muljono P, Herawati T. Persepsi dan Partisipasi Petani dalam Pelaksanaan Rehabilitasi Tanaman Kakao di Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah, Jurnal Penyuluhan. 2016; 12(2) : 157-167.

Marphy TM, Priminingtyas DN. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Partisipasi Petani dalam Program Asuransi Usahatani Padi (AUTP) di Desa Watugede, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Jurnal Habitat . 2019; 30(2) : 62-70.

Erawati I, Massadun. Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sumber Daya Lingkungan Mangrove di Desa Bedono Kecamatan Sayung. Jurnal Ruang.2013; 1(1) : 31-40.

Suroso H, Hakim A. Irwan N. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Di Desa Banjaran Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik, Jurnal Wacana. 2014; 17(1) : 7-15.

Ardika, S. Pengaruh Upah dan Pengalaman Kerja terhadap Produktivitas Karyawan Kerajinan Ukiran Kabupaten Subang, Jurnal Trikonomika. 2014; 13(1) : 91-100.

Published
2020-12-17