HUBUNGAN ANTARA MOTIF DENGAN KEPUASAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP OLEH PENYULUH PERTANIAN KABUPATEN WONOGIRI

  • Triya Ayu Retnaningtyas Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir Sutami No. 36A Kentingan, Surakarta, Jawa Tengah
  • Dwiningtyas Padmaningrum Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir Sutami No. 36A Kentingan, Surakarta, Jawa Tengah
  • Putri Permatasari Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir Sutami No. 36A Kentingan, Surakarta, Jawa Tengah
Keywords: Kepuasan, Motif Kebutuhan, Penyuluh Pertanian, Whatsapp, Kabupaten Wonogiri

Abstract

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) merupakan basis Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang berperan sebagai pusat data dan informasi bagi pelaku utama maupun pelaku usaha, sehingga penyuluh pertanian dituntut mampu adaptif memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi digital untuk meningkatkan wawasan dan kualitas diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesenjangan antara motif kebutuhan dan kepuasan, dan hubungan antara motif kebutuhan dengan kepuasan penggunaan media sosial whatsapp oleh penyuluh pertanian di Kabupaten Wonogiri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik survei. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja, yaitu di Kabupaten Wonogiri. Teknik pengambilan sampel secara non probability sampling dengan purposive sampling yang melibatkan 101 responden. Variabel penelitian yang digunakan adalah motif kebutuhan (X) dan kepuasan (Y). Analisis data dilakukan dengan menghitung skor rata-rata tiap indikator variabel dan uji korelasi rank spearman dengan bantuan IBM SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terjadi kesenjangan antara motif kebutuhan dan kepuasan, dimana motif kebutuhan lebih tinggi dibandingkan kepuasan yang diperoleh sehingga media sosial whatsapp tidak dapat memberikan kepuasan maksimal dalam memenuhi kebutuhan penyuluh pertanian, dan (2) terdapat hubungan signifikan yang sangat kuat antara motif kebutuhan dengan kepuasan penggunaan media sosial whatsapp.

References

Faqih A. 2014. Peranan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam Kegiatan Pemberdayaan Kelompok terhadap Kinerja Kelompok Tani. Jurnal Agrijati Vol. 26. No. 1 : 41–60.

Kementerian Pertanian. 2019. Peraturan Menteri Pertanian RI Nomor 49 Tahun 2019 tentang Komando Strategis Pembangunan Pertanian. (Jakarta: Kementerian Pertanian).

Burhan AB. 2018. Utilization of Information and Communication Technology for Development of Agricultural Economics and Poverty Reduction. Jurnal Komunikasi dan Pembangunan. Vol. 16 No. 2: 233–47.

Riyanto AD. 2020. Indonesian Digital Report 2020. Hootsuite (We Are Social). Retrieve from: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesia-digital-report-2020/

Thakur D, Chander M, and Sinha S. 2017. Whatsapp for Farmers : Enhancing the Scope and Coverage of Traditional Agricultural Extension. International Journal of Science, Environment, and Technology. Vol. 6 No. 4: 2190– 201.

McQuail D. 1987. Mass Communication Theory: An Introduction-Second (2nd) Edition. (London: Sage Publications).

Kriyantono R. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group).

Echdar S. 2017. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis: Panduan Komprehensif Langkah Demi Langkah Penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi. (Bogor: Ghalia Indonesia).

Pramono H, Fatchiya A, Sadono D. 2018. Kompetensi Penyuluh Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jurnal Penyuluhan Vol. 13 No. 2: 194–209.

Trisnani. 2017. Pemanfaatan Whatsapp sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan dalam Penyampaian Pesan di Kalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media, dan Informatika. Vol. 6 No. 3: 1–12.

Eksanika P, Riyanto S. 2017. The Utilization of the Internet by Agricultural Extension Worker. Jurnal Sains, Komunikasi, dan Pengembangan Masyarakat Vol. 1 No. 1: 65–80.

Westerman D, Spence PR, and Van Der Heide B. 2014. Social Media as Information Source: Recency of Updates and Credibility of Information. Journal Computer - Mediated Communication Vol. 19 No. 2: 171–83.

Jumiatmoko. 2016. Whatsapp Messenger dalam Tinjauan Manfaat dan Adab. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial. Vol. 3 No. 1: 51–66.

Published
2021-06-18
How to Cite
Retnaningtyas, T. A., Dwiningtyas Padmaningrum, & Putri Permatasari. (2021). HUBUNGAN ANTARA MOTIF DENGAN KEPUASAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP OLEH PENYULUH PERTANIAN KABUPATEN WONOGIRI. Agrica Ekstensia, 15(1), 27 - 33. https://doi.org/10.55127/ae.v15i1.71
Section
Articles