PERSEPSI PETERNAK TERHADAP PEMBERIAN RAMUAN HERBAL UNTUK MENGOPTIMALKAN PERFORMA AYAM KAMPUNG FASE PERTUMBUHAN DI KELOMPOK WANITA TANI DEWI SRI KECAMATAN WINDUSARI

  • Ika Nur Wahyuni Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang
  • Sunarsih Sunarsih
  • Nur Prabewi
Keywords: Persepsi, Ramuan Herbal, Performa Ayam Kampung

Abstract

Tugas akhir dilaksanakan di Kelompok Wanita Tani Dewi Sri Kecamatan Windusari.Tujuan yang dicapai adalah mengetahui persepsi dan hubungan karakteristik persepsi peternak. Desain penelitian menggunakan One-Shot Case Study. Pengambilan sampel menggunakan metode sensus yaitu seluruh anggota sejumlah 31 responden. Variabel persepsi yang diamati: keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, dapat dicoba, dan dapat diamati. Sedangkan variabel karakteristik responden: umur, tingkat pendidikan, pengalaman beternak, dan jumlah tanggungan keluarga. Metode analisa data persepsi peternak menggunakan deskriptif dan hubungan karakteristik responden menggunakan korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan 18 orang (58,1%) memiliki persepsi baik. Sedangkan hasil analisis kolerasi Rank Spearman hubungan umur dengan persepsi menunjukkan tingkat hubungan kuat dan sangat signifikan (p<0,01). Hubungan tingkat pendidikan dangan persepsi menunjukkan tingkat hubungan sedang dan sangat signifikan (p<0,01). Hubungan pengalaman berternak dengan persepsi menunjukkan tingkat hubungan sedang dan sangat signifikan (p<0,01). Hubungan jumlah tanggungan keluarga dengan persepsi menunjukkan tingkat hubungan lemah dan tidak signifikan (p>0,05). Simpulannya adalah persepsi peternak pada kategori baik. Faktor karakteristik yang berhubungan dengan persepsi peternak terhadap materi penyuluhan. Berdasarkan hasil analisis umur berhubungan sangat kuat, tingkat pendidikan dan pengalaman berternak menunjukkan hubungan yang sedang, sedangkan jumlah tanggungan keluarga menunjukkan hubungan yang lemah.

References

[1] Ali, F. 2005. Analisis Tingkat Pendapatan Dan Kepuasan Petani Terhadap Pelaksanaan Kemitraan Jagung Manis Di Kecamatan Jampang Tengah, Kebupaten Sukabumi. Skripsi. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.
[2] Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: (Jakarta).
[3] Effendi.2013. Persepsi Petani Terhadap Sistem Pertanian Padi Organik Di Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Jurnal Agribisnis Fakultas Pertanian UMY.
[4] Halim.2017. Skripsi Pengaruh Karakteristik Peternak Ayam Kampung di Kelurahan Bangka Kecamatan Maiwa. Fakultas Peternakan Hasanudin, Makasar.
[5] Lestraningsih, dan Basuki. 2008. Pemberdayaan Masyarakat. Diakses 25 Februari2019. http://lestraningsih.blogspot.com/2000/07/ pemberdayaan-masyarakat-dalam-tml?m=1
[6] Mardikanto. 2009. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Universitas Sebelas Maret Press: (Surakarta).

[7] Muchtar, T.W. 2007. Studi Komparatif Persepsi dan Minat Siswa tentang SMK.Skripsi Sarjana pada Jurusan Pendidikan Teknik Sipil FPTK UPI Bandung.
[8] Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. (Rineka Cipta: Jakarta).
[9] Setiana, L. 2005. Teknik Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat. (Ghalia Indonesia: Bogor.)
[10] Sugiyono.2013. Metode Penelitian dan Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). (Alfabeta: Bandung).
[11] Wahid, S. 2012. Faktor-Faktor Pertumbuhan Penduduk.Diakses pada Januari 2019. http://rakangeografi. blogspot. com
Published
2020-01-09
How to Cite
Wahyuni, I. N., Sunarsih, S., & Prabewi, N. (2020). PERSEPSI PETERNAK TERHADAP PEMBERIAN RAMUAN HERBAL UNTUK MENGOPTIMALKAN PERFORMA AYAM KAMPUNG FASE PERTUMBUHAN DI KELOMPOK WANITA TANI DEWI SRI KECAMATAN WINDUSARI. Agrica Ekstensia, 13(2), 20-27. https://doi.org/10.55127/ae.v13i2.8