PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI JAMU INSTAN PRODUKSI KELOMPOK JATI HUSADA MULYA DESA ARGOMULYO KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL

  • Nola Sevilestari Cahyaningrum Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
  • Endah Puspitojati Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
  • Miftakhul Arifin Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
Keywords: Pengaruh, Bauran Pemasaran. Keputusan Konsumen, Jamu Instan

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) terhadap keputusan konsumen membeli jamu instan produksi Kelompok Jati Husada Mulya. Penelitian dilaksanakan pada Kelompok Jati Husada Mulya Desa Argomulyo Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif kuantitatif dan hubungan kausan (sebab-akibat) dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling berjumlah 32 responden. Hasil menunjukan bahwa variabel harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli jamu instan JHM. Secara simultan variabel 4P (product, price, promotion, place) berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli jamu instan produksi Kelompok Jati Husada Mulya. Pengaruh variabel produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan konsumen dalam membeli jamu instan produksi Kelompok Jati Husada Mulya sebesar 59,6%, sedangkan 40,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak tercantumkan dalam kajian ini.

References

Kementerian Kesehatan Repubik Indonesia. 2015. Pembuatan Jamu Segar yang Baik dan Benar. Jakarta

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bantul. 2020. Kabupaten Bantul dalam Angka 2020. BPS. Bantul.

Kecamatan Sedayu. 2018. Profil Kecamatan Sedayu 2018. Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul.

Mas’ari, Ahmad, dkk. 2019. Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4P (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Seltan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT. Alfabeta. Bandung

Rahayu, Sri. 2017. Hubungan Kualitas Produk dan Harga dengan Minat Beli Konsumen pada CV. Morojoyo Tas di Dupak Grosir Lt. 1 Blok BG No. 35 Surabaya. Skripsi. Universitas Narotama. Surabaya.

Handoko. 2002. Manajemen Pemasaran. Badan penerbit IPWI. Jakarta

Santoso, Kresniawan Wibowo dkk. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Permen Tolak Angin di Semarang.

Hadisantoso, Othniel. 2010. Pengaruh Variabel Marketing Mix terhadap Volume Penjualan di PT Rukun Sejahtera Sentisa Surabaya: Skripsi. Universitas Narotama. Surabaya.

Utami, Arum Puspa. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Minimarket Kopma Universitas Negeri Yogyakarta: Skipsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sholihah, Nur Wahidatus. 2019. Pengaruh Marketing Mix 4P (Product, Price, Place dan Promotion) terhadap Keputusan Konsumen yang menjadi Jama’ah Umroh di PT. Shafira Lintas Semesta. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Kotler, Philip. 2004. Marketing Management, Millenium Edition. University of Phoenix. United States of America

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2007 Marketing, Terjemahan: Herujati, Jilid 1 Cetakan Kesepuluh. Jakarta: Penerbit Erlangga

Published
2021-12-31
How to Cite
Sevilestari Cahyaningrum, N., Puspitojati, E., & Arifin, M. (2021). PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI JAMU INSTAN PRODUKSI KELOMPOK JATI HUSADA MULYA DESA ARGOMULYO KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL . Agrica Ekstensia, 15(2), 93-100. https://doi.org/10.55127/ae.v15i2.86